Jumat, 11 Desember 2009

gp

All Sport
Jumat, 04-12-09 | 21:26 | 747 View
2012, Kapasitas Mesin MotoGP 1.000 Cc


Foto Toru Yamanaka/AFP
JAKARTA -- Wacana peningkatan kapasitas mesin MotoGP dari 800 cc menjadi 1.000 cc disetujui Presiden Federasi Balap Motor Internasional (FIM), Vito Ippolito. Namun rencana itu baru dapat diwujudkan pada 2012 mendatang.

Sebenarnya, ide untuk menggunakan mesin 1.000cc ini sudah dilontarkan oleh CEO Dorna (pemegang hak MotoGP), Carmelo Ezpeleta, pada awal tahun ini. Versi modifikasi dari motor ini tampaknya boleh diadopsi asalkan produksi mesin memenuhi syarat.

Ippolito yakin, peralihan mesin ke 1.000 cc akan disambut dengan sangat baik oleh tim-tim MotoGP. Pasalnya, perubahan dari 990 cc ke 800 cc tahun 2007 gagal mewujudkan harapan untuk menghemat biaya atau mengurangi kecepatan motor saat menikung. "Para tim pabrikan MotoGP menginginkan mesin 1.000 cc, sehingga sekarang adalah jalannya," ungkap Ippolito.

"Formula 800 cc tidak berjalan dengan baik, karena tenaganya kurang lebih sama seperti 990 cc. Malah kecepatan saat menikung lebih tinggi. Selain itu, biayanya juga bertambah," ujarnya memberi alasan.

Menurut Ippolito, motor MotoGP tetap menggunakan mesin balapan prototipe. "Diskusi dimulai dan berakhir di sini. Tidak masalah, apakah kapasitas mesinnya 1.000, 1.200, atau 750 cc. MotoGP tidak bisa dihomologasi. Karena itu, selama pembedaan tersebut jelas, maka persoalan mesin tak jadi masalah," tambahnya.

Ippolito juga yakin, MotoGP dan Superbike yang menggunakan mesin 1.000 cc memiliki penggemar yang berbeda. Dengan demikian, apa pun peraturan yang dikeluarkan, penggemar dengan senang menyambutnya. (bs)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar